Kamis, 29 Januari 2009

Senandung tanggal tua

Ceritanya tentang pokok bahasan yang kuno. Mungkin tidak penting sekali buat dibaca tulisan ini. Mungkin anda langsung melecehkan saya penulis gak mutu ini. Saya sendiri mohon ijin dan maaf dulu pada pembuat website atas kelancangan saya menulis yang gak mutu di blok website anda. Sebelumnya salam kenal.

Cerita dimulai pada suatu tanggal diatas dua puluhan di bulan Januari. Tokoh utamanya saya sendiri dan beberapa tokoh figuran teman2 saya.

Pada suatu malam kamis pada tanggal tua di bulan Januari, saya mendapat SMS dari teman saya. Teman saya ini adalah orang yang hatinya paling bersih yang pernah saya kenal, hingga dia begitu baik. Isi SMS nya berupa pemberitahuan bahwa dia baru bisa mentransfer uang kepada saya melalui ATM pada hari Jum’at. Padahal saya tidak pernah menagihnya. Teman saya tadi memang punya hutang kepada saya.

Malam itu uang terakhir saya tinggal beberapa ribu rupiah saja. Saya otomatis senang sekali. Saya balas SMSnya “ah gak papa tenang aja .. “. Saya tidak begitu khawatir dengan keadaan keuangan karena saya pikir besok pagi honor uang makan saya di kantor pasti sudah keluar.

Hari kamis pagi saya berangkat kerja tak lupa membeli nasi sebungkus di warteg dan dengan ini uang saya tinggal dua atau tiga ribu saja. Saya tenang saja toh nanti dapat honor.

Sampai di kantor saya tanya pada rekan kerja saya tentang honor.
Masyaallah . . . saya lupa ternyata honor itu sudah diberikan pada akhir bulan lalu. Dan pada akhir bulan lalu uang saya sudah habis saya pakai buat memuaskan hobby saya naik gunung. Tapi saya tetap tenang saja soalnya besok ditransfer teman saya.

Sepulang dari kantor saya masak nasi sendiri dan rencana beli lauknya di warteg. Tiba – tiba salah seorang teman, adik kelas saya waktu kuliah, SMS mau main ke tempat saya. Dia ini lagi cari kerja dan tinggal dengan kakaknya yang dekat dengan kos saya. Saya lalu pinjam uang ke teman saya se- kos yang ternyata sama-sama bokek. Akhirnya saya hanya pinjam 10ribu buat menjamu teman saya yang mau main ini. Tentu dengan jamuan ala kadarnya. Dan setelah itu uang saya habis sama sekali.

Jum’at pagi saya berangkat ke kantor tanpa uang sepeserpun. Harapan hanya pada transfer teman saya. Di kantor saya menolak ajakan teman saya makan di kantin dengan alasan sudah sarapan.

Siang hari saya sholat jum’at di masjid dekat kantor tidak lupa mengecek saldo ATM saya. Ternyata belum di transfer dan saldo masih minimal.
Tapi keajaiban tetap terjadi. Tadi sebelum jum’atan Kepala Kelompok ngasih saya sebungkus rokok Dji Sam Soe. Rokok tersebut akhirnya saya jual dan saya bisa beli nasi di warteg saya bungkus .

Saya lupa tadi seorang senior mau titip makan pada saya. Akhirnya saya tinggal dulu nasi saya di sepeda motor, disana ada seekor kucing yang menghadap tajam kearah saya. Lalu saya menghadap ke senior minta duit nasinya, mau tidak mau saya harus balik beli nasi lagi. Saya kembali ke parkiran dan . . .

MasyaAllah.. nasi bungkus tergantung di sepeda motor sudah acak2an di cakari dua ekor kucing..!!

Saya mengumpat sedikit dalam hati. Saya usir kucing - kucing tersebut. Saya pandangi nasi bungkus yang sudah hancur lalu naik ke sepeda motor.

Dan terjadi sedikit keanehan.. ternyata.. itu bukan sepeda motor saya..! dan sepeda motor saya berada tidak begitu jauh dari sana dengan nasi bungkus yang tergantung rapi.. Alhamdulillah..

Saya pulang kerja sampai di kos malam sekitar pukul 20.00 wib. Sampai di kos ternyata kunci yang cuma satu di bawa teman saya. Dia saya SMS katanya lembur sampai jam 9.

Saya lalu menunggunya sambil tidur di tempat tetangga. Setelah dia datang malam itu saya masak nasi lagi dan beli lauk di warteg dengan sisa uang penjualan rokok. Saya lihat ATM saya tetap saldo minimal. Uang saya habis sama sekali.

Saya tadi waktu kerja di telepon kepala kelompok saya dia bilang besok pagi saya disuruh masuk lagi nggantiin senior saya yang paling males. Padahal jadwal saya besok masuk malem. Kepala kelompok bilang nanti dapet uang ganti. Saya yang bokek berat setuju saja. Saya besok bakalan di kantor 24 jam!

Sabtu pagi saya ngantor lagi tanpa duit sepeserpun. Saya tunggu kepala kelompok saya kok nggak muncul-muncul? Saya tambah bingung dengan kedatangan seorang rekan kerja senior saya.

Ceritanya saya punya hutang padanya 10ribu. Dulu waktu itu dia titip Es Campur pas saya keluar cari makan, dia ngasih duit 20ribu. Harga es campur 4ribu. Saya beli makan dengan uangnya dulu karena uang saya satu lembar seratusribu takut penjualnya gak punya kembalian. Akhirnya waktu itu saya serahkan es campurnya dan saya beri kembalian 6ribu dan saya bilang yang sepuluh ribu masih saya bawa karena uang saya besar gak ada kembalian. Jadilah saya punya hutang padanya.

Akhirnya saya bilang ke senior saya tersebut “pak saya kan masih pegang uangnya bapak 10ribu, nanti saja saya pas beli makan ya pak., soalnya uang saya di ATM, sekarang gak bawa uang” senior saya setuju. Dia bilang uangnya belikan es campur lagi saja. Rupanya dia ini penggemar berat es campur.

Siang hari setelah dzuhur kepala kelompok saya belum datang juga. Akhirnya saya SMS lagi teman se kos saya. Saya mau pinjam lagi 20 ribu. Dia setuju. Saya pulang ke kos ambil uang, beli makan di warteg dibungkus, beli es campur pesenan senior, lalu kembali ke kantor. Sampai di kantor ternyata astaga.. senior sudah pulang. Akhirnya saya makan saja es campurnya.

Malam hari itu akhirnya yang saya tunggu tunggu datang juga. Kepala kelompok. Begitu datang langsung memanggil saya. Saya dikasih duit 25ribu dan sebungkus nasi padang. Padahal biasanya ongkos gantiin dinas itu 50ribu. Yah biarlah.. Saya tetap senang akhirnya dapat duit dan makan.

Keesokan harinya sepulang kerja saya kasih duit saya 20ribu ke teman saya. Nyaur hutang. Saya liat dia juga bokek. Saya masih pegang uang sedikit. Beberapa ribu saja.

Sebenarnya rencana saya mau pulang ke kota Cepu tercinta pakai honor uang makan. Sayang honor itu ternyata sudah diberikan dan sudah habis. Saya lupa. Padahal mulai hari ini saya libur sekitar 4 hari karena ada rekan kerja yang minta tukar dinas yang menyebabkan saya saat itu malah jadi libur agak panjang. Rencana pulang jadi gagal padahal saat itu banyak teman – teman kumpul pada pulang. Saat itu hari libur imlek.

Dan saya punya rencana untuk mentraktir Si Manis. Dia mengaku sebagai adik saya yang paling cantik di Cepu. Katanya kemauanya harus dituruti. Tetapi gagal pula rencana itu.

Hari libur kedua uang saya sudah habis sama sekali. Saya belikan lauk yang begitu ngirit untuk makan. Nasi saya masak sendiri, dan lauk saya beli di warteg sehari 2ribu. Sungguh begitu ngiritnya!!

Dua hari libur tersisa saya diam saja di kos. Beras saya masih setengah karung, karung sepuluh kiloan. Dua hari terakhir saya makan nasi putih saja tanpa lauk. Puasa mutih. Awalnya saya kasih garam tapi rasanya eneg saya jadi gak doyan. 4 hari libur habis sudah.

Nanti saya masuk malam. Saya gak tau cari uang darimana buat beli lauk soalnya saya bosan nasi putih terus. Tadi saya masak nasinya air saya kasih banyak lalu saya bikin tajin. Sudah beberapa hari gak minum manis. Untung masih punya sedikit gula walaupun dirubung semut.

Teman saya sekos yang baik masih ninggalin saya rokok bentoel sejati. Masih empat batang. Saya gak tega minjem duit temen – temen saya. Pasti mereka juga lagi bokek kalo tanggal tua begini. Apalagi minta duit ortu. Mereka nanti malah bingung. Orang tua mana yang tidak hancur hatinya melihat anaknya kesusahan dirantau. Apalagi mereka pasti bingung cara nransfernya.

Mungkin beginilah nasib perantau di tanggal tua. Selalu begini. Kisah yang kuno..

Dan saya mau curhat tentang rahasia saya saat ini : Saya rindu sekali makan lauk sekedar ikan teri, sambel, dan sayur bayam . . …

0 comments: